apa sih analis kesehatan itu?

Analis kesehatan adalah profesi yang bekerja pada sarana kesehatan yang melaksanakan pelayanan pemeriksaan, pengukuran, penetapan, dan pengujian terhadap bahan yang berasal dari manusia atau bahan bukan berasal dari manusia untuk penentuan jenis penyakit, penyebab penyakit, kondisi kesehatan atau faktor-faktor yang dapat berpengaruh pada kesehatan perorangan dan masyarakat.
Di Indonesia pekerjaan keprofesian penting sekali memiliki organisasi profesi, seperti Dokter memiliki organisasi profesi yaitu IDI (Ikatan Dokter Indonesia), ada pula PPNI (Persatuan Perawat Nasional Indonesial) merupakan organisasi profesi bagi Perawat. Analis Kesehatan pun memiliki PATELKI (Persatuan Ahli Teknologi Laboratorium Kesehatan Indonesia) yang di bentuk di Jakarta pada tanggal 24 April 1986 oleh Drs. Sjarifuddin Djalil yang merupakan Kepala Pusat laboratorium Kesehatan Indonesia saat itu.


(ATLM dan Analis Kesehatan sebenarnya profesi yang sama serta memiliki tanggung jawab yang sama pula. Di luar negeri seperti di United Stated dan Kanada, Analis Kesehatan dikenal dengan Medical Laboratory Technologist. Sedangkan di Negeri Sakura Jepang profesi ini dikenal dengan istilah Rinshoukensagishi)

Profesi Analis Kesehatan belum begitu populer dan masih asing di telinga masyarakat Indonesia, namun profesi ini memiliki masa depan dan prospek karir yang menjanjikan. Pekerjaan sebagai Analis Kesehatan memiliki banyak sekali peluang pekerjaan. Skill dan kompetensi Analis Kesehatan banyak di butuhkan oleh Instansi serta perusahaan-perusahaan di Indonesia.

Berikut ini lapangan pekerjaan yang membutuhkan tenaga seorang Analis Kesehatan 
:
Dinas Kesehatan
Puskesmas
Laboratorium Rumah Sakit Swasta/ Daerah
Laboratorium Klinik Swasta
Laboratorium Kesehatan Daerah
BPOM (Badan Pengawas Obat Dan Makanan)
BNN (Badan Narkotika Nasional)
Laboratorium Forensik Kepolisian
Laboratorium Rumah Sakit Tentara
Lembaga Penelitian Sains (LIPI dan Biofarma)
Badan Pengendalian Dampak Lingkungan Daerah (BAPEDALDA)
Perusahaan Di Bidang Makanan-Minuman dan Farmasi
Palang Merah Indonesia (PMI)
Dosen di Sekolah Ilmu Kesehatan
Petugas Kesehatan Haji Indonesia

Selain itu Analis Kesehatan dapat pula bergabung dengan program Kementerian Kesehatan yaitu program ‘’Nusantara Sehat’’. Progam Nusantara Sehat merupakan program yang bertujuan untuk mendukung pelaksanaan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dan Kartu Indonesia Sehat (KIS) yang di utamakan oleh Pemerintah guna menciptkan masyarakat sehat mandiri dan berkeadilan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini